misykat

Utak-Atik Komputer, Mobile, dan Digital

TINY XP

Windows XP untuk PC butut

 

            Mungkin bagi para pemilik komputer lama sekelas Pentium II bisa berlega hati dengan adanya Modifikasi Windows XP yang bernama Tiny XP ini. Dengan installer yang hanya berkapasitas 170MB, tiny xp sangat memungkinkan untuk di Install pada PC lama sekalipun. Bagi yang ingin menjajal keindahan Windows XP, tp masih terbentur dengan hardware yang pas-pasan, tiny XP adalah solusinya.

            Tiny XP hanya membutuhkan RAM sebanyak 60 MB saja untuk system kerjanya, sangat jauh sekali dengan Windows XP biasa yang bekerja di dalam kisaran 128MB untuk RAMnya. Untuk mendapatkan installer Tiny XP, silahkan download di http://www.retestrak.nl. Anda juga bisa melihat plus minus OS ini dalam forumnya. Setelah mendapatkan Installer tiny XP ini (berbentuk file ISO sebesar 170MB) silahkan burning file itu pada sekeping disc. Untuk menginstal Tiny XP, kita harus melakukan booting langsung dari CD Rom, karena Tiny XP hanya menyediakan Versi Clean Install dan tidak menyertakan Versi Upgrade. Setelah dalam proses instalasi, sangat kelihatan perbedaan yang mencolok dengan versi Windows XP biasa, karena Tiny XP ini sangat simple n easy banget, tidak perlu repot lagi memasukkan Serial Number dan lain-lainnya karena dalam sekali klik, Tiny XP sudah melakukan instalasi sampai dengan selesai, so just enjoy tanpa perlu untuk menungguinya. Penulis kebetulan menjajal versi ini : “TinyXP Rev02” [27.01.06][UK English Version], jadi jangan lupa setelah terinstal sempurna, ganti seting keyboard ke US English, karena seting UK English tidak sama dengan susunan keyboard yang biasa kita pakai.

            Setelah Tiny Xp terpasang dalam PC kita, sesuatu yang pertama kali terasa adalah, Windows XP modif ini sangat ‘enteng’ dalam kerjanya. Dengan menggunakan Windows XP Professional Corp With Service Pack 2 + 29 Critical Hotfixes to 26.12.05 Tiny XP juga berjalan relatif stabil dalam menjalankan berbagai macam aplikasi Grapic maupun Multimedia dan lainnya. Mungkin sedikit kesulitan bagi user adalah, bahwa tiny XP tidak menyertakan kebanyakan Driver yang biasanya sudah terpasang dalam Windows XP, jadi berbagai macam VGA Card, Soundcard dan hardware lainnya harus kita instal dengan Driver bawaan supaya bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya. Ini yang ‘agak’ menyulitkan bagi pengguna yang biasa menggunakan Hardware PnP dan tidak mempunyai driver peranti keras dan lainnya. Selain itu, Tiny XP juga meniadakan Browser Internet Explorer dan menggantikannya dengan OB1 Browser. Jadi bagi anda yang sudah terbiasa ber-internet dengan IE, bersiap-siaplah untuk menyediakan Installer IE, atau Opera. Sebuah Program penting lainnya yang di tiadakan dalam OS ini adalah Windows Media Player. Sangat disayangkan sekali lagi Tiny XP tidak menyertakannya, tapi jangan kecewa dulu, WMP bisa di download di http://www.microsoft.com dengan gratis.(versi Terahir adalah WMP 11). Sebagai imbalannya, Tiny XP memberikan 37 Program bermanfaat yang langsung bisa digunakan setelah Tiny XP di install.

 

Ini adalah berbagai Program yang disertakan Tiny XP :

  [AUDIO]

GSpot (Codec Checker)

MP3 Splitter & Joiner

 

  [CD+DVD]

DVD Decrypter

DVD Shrink

Easy DVD Burner

Express Burn (CD)

UltraISO

  [HARDWARE]

Active Un-Delete

CPU Bench

CPU-Z (CPU Info)

Dead Pixel Checker (for TFT)

Disk Defragmenter

Disk Speed

Disk Temperature

Handy Recovery

RAM Tester

 

  [INTERNET]

Live TCP Viewer

OffByOne Web Browser

uTorrent Client

WS_FTP LE

 

  [SECURITY]

Ad-Aware SE Personal

CWS Shredder

EZ-PC-Fix

HijackThis

McAfee Stinger

Startup Control Panel

 

  [WINDOWS]

Change XP Key

Dir To Text

DLL Export Viewer

Itty Bitty Process Manager

Registry Monitor

Space Monger

Tiny Hexer

Unstoppable Copier

View Shell Extensions

WinRAR

 

            Sekali lagi, kesimpulan yang bisa di dapatkan dari Tiny XP ini adalah, Windows ini berjalan ‘cepat’. Didalamnya juga sudah di masukkan Registry Tweaking yang memungkinkan menambah kecepatan dan stabilitas tanpa harus menambahkan Aplikasi Tweaking lain semisal Tweak XP yang biasa kita gunakan. Coba klik kanan pada My Computer, dan ini yang akan anda dapatkan!.. Tiny XP menyediakan banyak menu seperti Timer Shutdown dan lain-lain dalam sekali klik!..

            Akhir kata, selamat mencoba….

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: